May 13, 2013

Manga Session 12 Mei 2013

Halo, maaf ya ini blog keliatan kayak ga ada update.
Maklum, urusan pekerjaan (dan kemalasan) menghalangi untuk menulis :p

Anyway, setiap beberapa hari saya selalu sewa komik dalam jumlah yang nggak sedikit. Gimana ya, dompet nggak tebel, jadi nggak bisa beli deh. Nah, itu biasanya ada yang saya sebut dengan 'Manga Session'. Mungkin yang tau FBku pernah liat foto - foto yang saya upload tentang manga yang saya baca. Dan itulah yang dimaksud manga session.

Berhubung saya lagi ada bau - bau rajin, saya bakal sering - sering ngumpulin hasil Manga Session di blog ini. Lumayan buat kalian - kalian share komentar juga tentang komik yang ternyata kalian baca juga kan?

Di post manga session saya akan coba kasih komentar singkat dan lebih subjektif dibanding post review yang lebih detail dan objektif. Tentunya yang akan saya usahakan adalah memberikan komentar tersebut tanpa adanya spoiler.

Tentunya dalam baca ini kalian harus hati - hati. Mungkin ada foto yang tanpa saya sadari ternyata merupakan spoiler. Jadi, sebelumnya harus dikasih disclaimer dulu nih.

Disclaimer: Foto - foto di bawah ini beserta komentarnya dapat mengandung spoiler baik disengaja maupun tidak meskipun penulis sudah berusaha sebisa mungkin tidak memuat spoiler dalam artikel ini. Read at your own risk.

Nah, ini dia manga yang saya baca kemarin

Sebelas. Eleven. 11. XI. Jumlah komik yang ada di atas.
Frankly, saya ga kuat baca semuanya apalagi harus kerja paginya. Alhasil cuma bisa baca sedikit orz
List yang lebih akurat adalah sebagai berikut:
  • A Town Where You Live 3
  • Barista 4
  • Key of Love 1
  • I Give My First Love To You 8
Harapannya nanti malam bisa selesai semua.
Nah, kalau kalian sedang di halaman utama Komik Scale, klik tombol di bawah.

A Town Where You Live 3 memberikan sebuah cerita yang sangat menarik. Sebagai sebuah Romance manga, komik ini bisa menyuguhkan sesuatu yang tidak klise dan tidak memberikan bumbu - bumbu manis di sana sini. Volume 3 ini adalah buktinya.

Kira - kira volume 3 ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama yang memperkenalkan tokoh baru serta mem-follow up event volume sebelumnya. Bagian kedua adalah flashback yang cukup memberikan kerutan di dahi karena saat ini nggak ngasih suatu plot atau pencerahan yang berarti. Bagian ketiga adalah twist and turn yang luar biasa dan bersambung di saat terakhir. Setelah baca volume ketiga ini, saya jadi yakin harus nulis review.

Ada suatu hal yang lucu di bagian extra~

Hoi! Itu kamu sendiri yang gambar! Pikirin dong artinya pas lagi gambar!

Di extra pages nya, mangaka nulis sebuah kejadian nyata di mana dia disuruh ngerjain bagian editorial. Di foto di atas dia harus ngasih caption buat gambar di panel atas. Komentar di panel berikutnya benar - benar bikin sakit perut terutama karena dia sendiri yang menggambarnya XD

Key of Love adalah salah satu manga baru yang saya baca. Sayang saya nggak liat tulisan Cherry nya pas saya mulai baca. Ciri khas manga - manga yang masuk kategori Cherry adalah plotnya yang simple, gampang ditebak, dan alurnya sederhana. Ada beberapa kekurangan di sana sini yang sebaiknya saya bahas di review, tapi yang paling utama adalah suatu pola berulang yang selalu, ehem, sekali lagi, SELALU dipakai oleh mangakanya. Ya, saya nggak mau ngebuat kalian nggak nyaman bacanya, tapi manga ini memiliki pola yang sama untuk setiap chapternya. Yah, at least bagian akhirnya cukup membuat penasaran. Oh, dan saya gak punya foto untuk yang ini.

I Give My Love To You 8 bisa dibilang adalah volume komedi. Banyak joke yang mantap di volume ini. Tapi ciri khas manga ini untuk memberikan despair tetap masih bisa ditemukan. Nggak banyak yang bisa saya katakan tanpa menspoil, tapi seenggaknya ada 2 foto yang benar - benar bikin perutku sakit.

Very Bold, Mayu. Very Bold Indeed *clap**clap*
Ini dia! Adegan yang bikin nggak tahan! Mayu dengan sangat beraninya ngomong gitu XD
Yah, well. Aku nggak akan bocorin lanjutannya, tapi ini IMO lucu.
Masih ada 1 foto lagi dari volume ini

Tarian upacara pembukaan
Begitulah. Pas akhirnya uda mau 'ngelakuin' eh mereka malah nari - nari ga jelas *facepalm*
Kalau di baca ini sumpah lucu banget XD


Barista 4 cukup standar. Nggak ada sesuatu yang di luar kebiasaan. Cuma ada beberapa chapter yang menunjukkan seberapa menyebalkan salah satu karakter. Dan~ Yang bikin gregetan adalah salah satu hal yang saya cukup yakin kesalahan dari pihak penerbit.

Oke harap perhatian, foto berikut ini adalah SPOILER jangan bilang saya nggak ngingetin ya.

Yah keliatan langsung kan salahnya~
Intinya sih saya ngerasa ini daftar urutannya salah secara nggak ada bedanya dengan nilai sebelumnya. Dan karena kata - kata si manajer yang saya lupa namanya nggak sesuai dengan daftar nilai. Ditambah cerita lebih cocok kalau daftar nilai sesuai dengan perkataan manajer, bukan daftar nilai yang tercetak.

Sayang sekali pihak penerbit melewatkan hal seperti ini. Semoga elex bisa memperbaikinya di cetakan berikutnya.

Nah, begitulah hasil manga session tanggal 12 Mei.
Jangan lupa, kalau ada komentar atau pendapat, sampaikan di kolom komentar ya. Kalau ada waktu pasti saya balas~

Sampai jumpa lagi!

No comments:

Post a Comment