May 17, 2013

Manga Session 13 Mei 2013

Tanggal 13 kemarin saya melanjutkan baca komik yang belum sempat saya baca di hari sebelumnya. Ini baru bisa saya tulis sekarang berhubung sedang sedikit sibuk beberapa hari ini. Nah, ga perlu foto ya? Kan sama dengan post yang kemarin :D

Ini daftar yang saya baca:
  • Totsugami 1
  • V.B. Rose 12
  • The Knight In The Area 16
  • Gurren Lagann 6
  • Divine Puzzle 3
  • Blood Alone 7
  • Judge 6 (Ini saya baca tanggal 12 tapi saya lupa mencantumkan di post sebelumnya)
Saya akan berusaha sekuat tenaga menulis post ini tanpa adanya blatant spoiler. Komentar dan gambar yang merupakan spoiler akan saya masukkan dalam tag spoiler.

Oke! Mari kita ke komik pertama kita!



Judge 6 sebenarnya sudah saya baca tanggal 12, tapi saya lupa menuliskannya di post sebelumnya. Volume ini adalah volume terakhir dari Judge yang merupakan karya dari pengarang Doubt. Di volume ini dibeberkan semua misteri yang ada serta flashback yang bertebaran di sana sini. Formula yang digunakan oleh penulis masih sama dengan Doubt, jadi saya tidak terlalu terkejut dengan twistnya, malah bisa dibilang sudah bisa ditebak.

Totsugami adalah manga baru dari Elex. Menceritakan seorang siswa SMA yang diwarisi neneknya posisi sebagai penjaga gerbang Totsugami yang menghubungkan dunia kita dan dunia lain. Komik ini bertema supernatural dan masuk kategori Shonen. Saya akan tulis reviewnya bila sempat. Komik ini memiliki beberapa momen yang membekas dan bisa membuat tertawa.

Sayang tidak ada Stag berwarna perak yang muncul
Yup! Direct Reference langsung kepada penyihir paling terkenal generasi ini, Harry Potter. Saya cukup terkejut dengan joke ini karena tidak menyangka akan menggunakan reference dari barat.

The Knight In The Area 16 kembali dengan pola uniknya dalam dunia manga olahraga di mana tokoh utama tidak selalu menang. Setelah turnamen selesai, komik ini membuka suatu plot baru yang cukup menarik dan menghibur. Plot ini tidak bertahan sampai akhir volume, namun menjanjikan sesuatu yang bakal menarik di masa yang akan datang.
Untuk foto, di komik ini lebih banyak gambar yang menarik dibanding lucu.

Seven dengan kostum maid. Tentu saja menarik!
Sayang di Indonesia sulit menemukan 'Maid Cafe'
Telah sejak lama saya perhatikan bahwa The Knight In The Area adalah salah satu manga elex yang memiliki error paling banyak. Volume ini tidak terkecuali. Ada beberapa yang cukup atau bahkan sangat mengganggu. Berikut adalah contoh - contohnya.

Error Pertama *SPOILER*:


Perhatikan panel tengah dan panel kiri atas. Kota mengatakan hal yang sama persis. Padahal kalau diperhatikan dari dialognya, seharusnya di panel tengah Kota mengatakan hal yang seharusnya berbeda.

Menurut saya pribadi, kata 'tolol' itu adalah kata yang bobotnya sangat berat. Mungkin setingkat dengan 'bego'. Di lain pihak, kata 'bodoh' punya bobot yang lebih ringan dan dalam bidang tulis menulis sepertinya lebih tepat digunakan untuk joke pada seseorang daripada 'tolol'. Dalam gambar di atas terlihat si adik mengatakan 'tolol' pada kakaknya, di depan orang tuanya pula. Menurut saya pilihan kata yang sebaiknya digunakan di sini adalah 'bodoh' karena 'tolol' terlalu kasar untuk diucapkan.


Di sini Kakeru menjawab kata - kata Araki dengan "Y..ya!" Maksudnya adalah menunjukkan Hesitation dari sisi Kakeru, dan sepertinya tidak ada masalah. Namun masalah pun tentu timbul ketika kalimatnya dibagi menjadi 2 balon dialog. FYI, ini tidak terjadi cuma sekali. Di sini masih bagus satu balon berisi "Y..." di adegan lainnya, Kakeru memiliki satu balon dialog yang hanya berisi "Y". Pembaca bisa merasa janggal ketika membaca adegan seperti ini.

Kenapa ada dua balon? Ini berasal dari versi originalnya. Ya dalam bahasa Jepang ditulis menggunakan 2 hiragana  はう(ha-i). Untuk menunjukkan keragu-raguan, bagian pertama dari hiragana di taruh di satu balon terpisah dan di balon lainnya ditulis kata tersebut secara keseluruhan. Ini bisa digunakan dalah bahasa Indonesia, asalkan setidaknya kata yang digunakan memiliki 2 suku kata. Dalam konteks di atas, jawaban Kakeru bisa diubah menjadi "Ba..baik" dan masih memiliki arti yang sama. Bila diterjemahkan secara liberal, はい bisa diterjemahkan menjadi 'ya', 'baik,' atau 'tentu' bahkan mungkin bisa 'oke' kalau terpaksa. Kalau memang ternyata penerjemah memiliki alasan atau maksud lain, saya tidak tahu. Tapi begitulah menurut pendapat saya.

Nah, sudah tentang membahas hal teknis, sekarang kita beralih ke V.B. Rose 12. Sebenarnya ada adegan yang sangat menarik di volume ini, namun saya tidak sempat mengambil gambarnya berhubung saya membacanya di tempat makan T^T. Volume ini lumayan seru. Seluruh volume digunakan untuk menyelesaikan sebuah konflik dan konklusinya berada di akhir volume. Bisa dibilang cukup memuaskan, meskipun cerita tentang tokoh utama kita jadi berkurang.

Komik berikutnya yang kubaca adalah komik Hard Science Fiction Divine Puzzle 3. Meskipun saya punya ketertarikan pada Fisika secara keseluruhan serta Fisika Quantum secara spesifik, komik ini, seperti biasa, memberikan teori dan penjelasan yang luar biasa kompleks sehingga sayapun kesulitan untuk membacanya. Saya hanya bisa berharap proses penerjemahan sudah melewati tahap pengujian oleh ahli sehingga penjelasan yang ada tidak salah. Volume ini membuka beberapa konflik yang cukup besar pada kedua tokoh utama kita. Kita hanya bisa berharap menemukan konklusinya di volume berikutnya. Dan saya tertarik pada sikap Tsundere Homizu di volume ini XD

Tsundere, selalu memberi lame excuses untuk hal seperti ini.
Gurren Lagann 6 kembali melanjutkan perjuang Simon dkk untuk menjatuhkan Raja Spiral. Tidak ada sesuatu yang benar-benar exceptional karena terlalu banyak yang exceptional di volume ini. Tentunya battle yang GAR memenuhi volume ini, terutama mendekati akhir volume.

Komik terakhir yang akan dibahas adalah Blood Alone 7. Volume ini memberikan pertanyaan yang penting kepada Kuroe yang tentunya bikin pembaca geregetan. Sisanya menceritakan keseharian Kuroe dan Misaki seperti biasa serta munculnya karakter baru yang sepertinya akan mempunyai peran penting di masa depan.

Puss~ Pussss~ Adegan paling imut di volume ini
Oke, kira - kira begitulah hasil Manga Session 13 Mei kemarin.
Sampai ketemu di post - post lainnya :D

No comments:

Post a Comment