May 21, 2013

[Shonen] Hyakko



Judul: Hyakko
Judul Asli: Hyakko (ヒャッコ)
Mangaka: KATOU Haruaki
Penerbit: Elex Media
Kategori: Shonen
Genre: Comedy, Slice of Life, School Life

Nonomura Ayumi baru saja pindah ke Akademi Swasta Kamizono. Dan karena kompleks sekolah yang luar biasa luas, Ayumi tersesat di hari pertamanya sekolah. Untunglah dia bertemu dengan Iizuka Tatsuki yang katanya sudah bersekolah di sana sejak SD. Namun, nampaknya dia juga bernasib sama dengan Ayumi! Saat itulah mereka berdua menyaksikkan pemandangan yang sangat mengejutkan. Dari jendela lantai 2, melompatlah 2 orang siswi, Kageyama Torako dan Saotome Suzume! Itulah perjumpaan awal empat orang siswi ini. Perlahan - lahan mereka semakin mengenal murid - murid lain yang satu kelas dengan mereka yang ternyata tidak kalah konyolnya! Ikuti kisah masa sekolah Torako dan teman - temannya yang konyol, aneh, dan luar biasa!



Overview
Ini pertama kalinya saya mengakhiri bagian sinopsis dengan kalimat ajakan seperti itu (haha!). Mau bagaimana lagi, manga slice of life ini mengedepankan komedi mereka dan tidak memiliki plot utama. Mungkin kira - kira seperti 'Yotsuba&!' atau 'K-On!'. Hyakko menceritakan kisah keempat tokoh utama dalam menjalani kehidupan sekolah mereka di Akademi Swasta Kamizono. Dan perlu diketahui bahwa kehidupan yang akan kalian ikuti bukanlah kehidupan biasa dan membosankan. Bisa dibilang mereka masing - masing memiliki keunikan tersendiri yang akhirnya menimbulkan situasi yang konyol karena 'tabrakan' antara keunikan tersebut. Torako yang aktif, ceria, blak - blakan, dan semaunya sendiri. Ayumi yang baik, naif, dan mudah dipengaruhi. Tatsuki yang cool, bersikap tenang, dan tegas. Serta Suzume yang pendiam, misterius, dan memiliki jalan pikiran yang sulit dipahami. Yak, kombinasi yang sempurna untuk sebuah gag manga!

Heroine kita! Torako, Suzume, Ayumi, dan Tatsuki

Saya sempat tertahan dari membaca ini karena kualitas gambarnya yang.... Di bawah rata - rata. Tidak sebagus 'I Give My First Love To You' tapi lebih konsisten. Lagipula target audiencenya adalah remaja putra, jadi tentu gambarnya tidak bertipe manga shoujo seperti yang saya sebut tadi. Untuk sebuah gag manga yang ditargetkan pada remaja putra, sepertinya gambar seperti ini tidak terlalu masalah. Ingat, ini gag manga! Gambar tidak terlalu menjadi masalah. Terutama bahwa ini baru jilid pertama. Semoga di volume - volume berikutnya gambarnya semakin membaik.

Untuk hal cerita, Hyakko berpusat pada keseharian empat gadis tokoh utama. Keseharian yang konyol dan membuat kita tertawa. Mereka bisa melakukan dan memikirkan suatu hal yang 'aneh' dan 'ngaco' tanpa membuat pembaca merasa janggal atau aneh. Joke nya juga bukan joke yang biasa. Menggabungkan keunikan tiap karakter dan pikiran mereka yang sering ngaco, joke - joke yang nggak biasa pun tercipta. Ditambah lagi sedikit demi sedikit tokoh - tokoh baru terus bermunculan. Tokoh - tokoh baru ini pun memiliki keunikan mereka tersendiri sehingga bisa menambah kemungkinan komposisi yang bisa terjadi.

Sebagai tambahan Hyakko sudah dibuat menjadi anime 12 episode. Kata seorang teman saya, animenya kurang 'greget'. Saya belum menonton animenya, jadi saya tidak bisa bilang banyak.
Ketika review ini ditulis, di Jepang Hyakko sudah terbit hingga volume 7 dan masih ongoing.

Conclusion
Sebagai sebuah manga school comedy, kualitas gambarnya yang di bawah rata - rata sebaiknya perlu dikesampingkan. Hyakko memiliki komposisi karakter yang unik dan mampu membuat sebuah situasi biasa menjadi tidak biasa dengan keberadaan para karakternya. Hyakko berhasil memberikan candaan yang menyegarkan dan bisa membuat sakit perut dengan candaannya yang bisa diterima oleh siapa saja.

Hyakko
Art: 6/10
Story: 8,5/10
Overall: 7,25/10

This manga is for: Pembaca yang ingin bersantai dan tertawa lepas. Untuk mereka yang sedang suntuk dan tidak ingin dipusingkan oleh cerita yang dalam dan rumit.

Last words: Dengan kombinasi karakter yang pas, Hyakko mampu menyajikan situasi - situasi konyol dengan baik sehingga menjadi suatu candaan yang menyegarkan.

Judgement: RECOMMENDED!

No comments:

Post a Comment