May 20, 2013

[Seinen] The Arms Peddler



Judul: The Arms Peddler
Judul Asli : Kiba No Tabishounin
Mangaka : Kyoichi Nanatsuki (Story), Night Owl (Arts)
Penerbit : Level Comics
Kategori : Seinen
Genre : Post-Apocalypse, Wild West, Fantasy, Adventure, Action

Yuki Sona bersama dengan keluarganya berkelana menyusuri dunia yang telah mengalami kehancuran dan berubah menjadi sebuah gurun yang terbentang luas sejauh mata memandang. Suatu malam sebuah peristiwa mengubah hidup Sona untuk selamanya. Sekelompok bandit muncul dan menyerang keluarganya yang sedang beristirahat. Dengan matanya sendiri Sona dipaksa melihat Ayah, Ibu, serta adik perempuannya dibunuh dengan kejam dihadapannya. Alih - alih membunuh Sona, bandit tersebut meninggalkan sebuah cap berbentuk ular di tangannya dan membiarkannya hidup. Di ambang kematiannya, seorang wanita muncul di hadapan Sona. Wanita bernama Garamy ini memberikan pilihan pada Sona, hidup dalam duina yang kejam atau mati dalam damai. Sona memilih untuk terus hidup. Sebagai ganti nyawaynya yang diselamatkan oleh Garamy, Sona harus membayar sejumlah uang. Untuk dapat membayarnya, Sona mengikuti Garamy sang Pedagang Senjata berkeliling untuk mencari pembeli yang membutuhkan jasanya.

Overview

Satu lagi manga dari Level Comics yang memberikan suatu perasaan tegang dan seru dari dalam cerita dan gambarnya. Cerita ini mempertemukan dua orang yang sangat berbeda di dalam dunia yang unik. Sona, seorang bocah biasa yang selama ini hidup dengan damai bersama keluarganya, dengan Garamy, seorang wanita cantik yang berkeliling sebagai pedagang senjata. Jangan anggap remeh Garamy karena dia seorang wanita, karena keahliannya dalam menggunakan senjata dan bertarung jauh di atas orang kebanyakan.

Yang patut diperhitungkan dari manga karya Kyoichi Nanatsuki ini adalah setting dunianya yang tidak biasa. Awalnya manga ini terlihat seperti manga dengan setting Wild West biasa seperti RED yang dulu pernah diterbitkan oleh Level Comics (manga luar biasa. Wajib dibaca untuk pecinta manga action dan penuh darah). Namun setelah beberapa halaman terlihat makhluk - makhluk yang tidak ada di dunia kita, membuatnya pantas untuk masuk genre fantasi. Dunia 'The Arms Peddler' berada jauh di masa depan di mana dunia yang kita kenal sekarang sudah hilang dan peradaban serta teknologi sudah hancur. Dunia kembali ke masa di mana yang kuat memangsa yang lemah. Senjata api menjadi satu - satunya sisa peradaban yang masih dapat digunakan. Di situlah peran Garamy dibutuhkan.

Dari segi cerita, 'The Arms Peddler' mampu menjaga pace nya dengan stabil. Setiap chapternya terbagi dengan baik antara penjelasan tentang dunianya yang unik serta action yang memuaskan. The Arms Peddler berusaha untuk menjelaskan setting dunianya sedikit demi sedikit dari chapter ke chapter dan manga ini berhasil melakukannya dengan baik. Pengarang mampu menyatukan penjelasan dengan konflik yang ada di suatu chapter sehingga tidak terkesan seperti memaksa pembaca untuk tahu. Apabila kondisi memang tidak memungkinkan untuk menjelaskan sesuatu, maka kita harus menunggu chapter - chapter berikutnya agar bisa mendapat penjelasan. Secara tidak sadar perlahan - lahan kita menjadi semakin mengerti keadaan dunia tempat Garamy dan Sona berada.

Selain mampu memberikan penjelasan yang baik, perkembangan karakter juga diberikan dengan tak kalah baiknya. Di volume pertama kita bertemu dengan Sona yang tidak tahu apa - apa dan tidak bisa apa - apa dan di akhir volume kedua kita melihat Sona yang sudah mampu menyatakan pendapatnya sendiri dan mengambil keputusan dengan tegas. Sepanjang cerita kita dapat melihat bagaimana hubungan antara Garamy dan Sona perlahan - lahan membentuk kepribadian Sona. Saya sangat salut pada mangaka bisa membuat perkembangan karakter yang terlihat jelas seperti ini.

Dari segi gambar, 'The Arms Peddler' memberikan style dan kualitas gambar yang sangat sesuai dengan setting cerita ini. Dari gambarnya dapat terasa dengan jelas suasana padang gurunnya. Terasa ada debu dan pasir di sana sini. Penggambaran karakter sendiri dilakukan dengan baik. Setiap karakter penting memiliki ciri khas yang membuatnya dapat teringat dengan jelas di kepala kita. Makhluk - makhluk fantasi yang bermunculan juga digambarkan dengan baik. Yang harus diperhatikan juga adalah penggambaran senjata api yang digambar dengan baik mengingat ragam senjata yang dimunculkan tidak sedikit.

Conclusion
The Arms Peddler adalah sebuah manga mengenai petualangan dan perkembangan karakter serta pembentukan dunia. Ketiganya bergabung menjadi satu dengan indah dibawah naungan Kyoichi Nanatsuki dan Night Owl. Cerita yang perlahan - lahan membuka kenyataan tentang dunia sambil tetap mempertahankan plot yang seru membuat pembaca menjadi tidak sabar untuk terus membaca dan menantikan lanjutan petualangan Garamy dan Sona. Art yang mendukung membuat 'The Arms Peddler' menjadi sebuah manga action-adventure yang sangat menyenangkan untuk dibaca.

The Arms Peddler
Art: 8,5/10
Story: 9/10
Overall: 8,75/10

This manga is for: Pembaca yang menyukai petualangan dan aksi yang menegangkan. Juga untuk mereka yang menyukai dunia yang berbeda namun berhubungan dengan dunia kita. Lebih ditujukan untuk yang menyukai cerita daripada aksi, meskipun aksi yang ada tidak pernah mengecewakan. Harus diingat bahwa manga ini untuk Dewasa. Banyak darah serta pembantaian pada adegan aksinya. Tidak cocok untuk anak - anak.

Last Words: Manga yang sangat menarik dan memiliki karakter yang menyenangkan untuk diikuti perkembangannya serta setting dunia yang tidak biasa dengan menggabungkan Wild West dan Fantasy.

Judgement: HIGHLY RECOMMENDED!!

No comments:

Post a Comment